Dalam interaksi sosial sehari-hari, kita sering kali ditanya “Apa yang Anda lakukan?” Pertanyaan ini dapat merujuk pada berbagai hal, mulai dari pekerjaan kita hingga hobi kita. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang apa yang dimaksud dengan “what do you do”, termasuk perbandingan dengan pertanyaan serupa, metode untuk menjawabnya dengan efektif, keuntungan yang diperoleh, contoh-contoh jawaban yang menarik, tips untuk menjawab dengan percaya diri, hingga kesimpulan akhir.

Pertanyaan “what do you do” sering kali digunakan sebagai pembuka percakapan untuk mengenal seseorang. Ketika kita menjawab pertanyaan ini, sebenarnya kita sedang memberikan informasi tentang identitas kita, minat kita, dan tujuan hidup kita. Jawaban yang kita berikan dapat memengaruhi persepsi orang lain terhadap diri kita dan dapat membantu membangun hubungan interpersonal yang baik.

Pertanyaan “what do you do” juga dapat digunakan untuk mengetahui latar belakang profesional seseorang. Dalam konteks ini, “what do you do” berarti “apa pekerjaan Anda?” Pertanyaan ini sering kali diajukan dalam situasi formal, seperti saat wawancara kerja atau pertemuan bisnis. Jawaban yang kita berikan harus jelas, ringkas, dan mencerminkan keterampilan dan pengalaman profesional kita.

Perbandingan dengan Pertanyaan Serupa

Pertanyaan “what do you do” sering kali dibandingkan dengan pertanyaan serupa lainnya, seperti “Apa pekerjaan Anda?” atau “Apa hobi Anda?”. Ketiga pertanyaan ini memiliki tujuan yang berbeda. Pertanyaan “Apa pekerjaan Anda?” fokus pada profesi atau pekerjaan yang kita lakukan untuk mencari nafkah. Pertanyaan “Apa hobi Anda?” fokus pada aktivitas yang kita lakukan untuk mengisi waktu luang dan bersenang-senang. Sedangkan pertanyaan “what do you do” memiliki cakupan yang lebih luas dan dapat mencakup baik pekerjaan maupun hobi kita.

Metode untuk Menjawab “What Do You Do” dengan Efektif

Ada beberapa metode yang dapat kita gunakan untuk menjawab pertanyaan “what do you do” dengan efektif. Pertama, kita dapat menggunakan metode STAR (Situation, Task, Action, Result). Metode ini melibatkan empat langkah:

1. Situasi: Jelaskan situasi atau konteks yang melatarbelakangi pekerjaan atau aktivitas yang Anda lakukan.
2. Tugas: Jelaskan tugas atau tanggung jawab yang Anda miliki dalam pekerjaan atau aktivitas tersebut.
3. Tindakan: Jelaskan tindakan yang Anda ambil untuk menyelesaikan tugas atau tanggung jawab tersebut.
4. Hasil: Jelaskan hasil atau pencapaian yang Anda peroleh dari tindakan yang Anda lakukan.

Kedua, kita dapat menggunakan metode PAR (Problem, Action, Result). Metode ini melibatkan tiga langkah:

1. Masalah: Jelaskan masalah atau tantangan yang Anda hadapi dalam pekerjaan atau aktivitas tersebut.
2. Tindakan: Jelaskan tindakan yang Anda ambil untuk mengatasi masalah atau tantangan tersebut.
3. Hasil: Jelaskan hasil atau pencapaian yang Anda peroleh dari tindakan yang Anda ambil.

Keuntungan Menjawab “What Do You Do” dengan Efektif

Ada beberapa keuntungan yang dapat kita peroleh jika kita dapat menjawab pertanyaan “what do you do” dengan efektif. Pertama, kita dapat membangun kesan yang baik pada lawan bicara kita. Jawaban yang jelas, ringkas, dan menarik dapat membuat lawan bicara kita merasa tertarik dan ingin tahu lebih banyak tentang kita. Kedua, kita dapat memperluas jaringan profesional kita. Dengan menjawab pertanyaan “what do you do” dengan efektif, kita dapat memperkenalkan diri kita kepada orang-orang baru dan membuka peluang untuk kolaborasi dan kerja sama. Ketiga, kita dapat meningkatkan kepercayaan diri kita. Ketika kita dapat menjawab pertanyaan “what do you do” dengan percaya diri, kita akan merasa lebih percaya diri dalam situasi sosial dan profesional.

Contoh Jawaban “What Do You Do” yang Menarik

Berikut ini adalah beberapa contoh jawaban “what do you do” yang menarik dan efektif:

1. “Saya adalah seorang dokter. Saya bekerja di sebuah rumah sakit dan membantu pasien untuk sembuh dari sakit mereka.”
2. “Saya adalah seorang guru. Saya mengajar di sebuah sekolah dan membantu siswa untuk belajar dan tumbuh.”
3. “Saya adalah seorang pengusaha. Saya memiliki bisnis sendiri dan menjual produk atau jasa kepada pelanggan.”
4. “Saya adalah seorang seniman. Saya melukis, menggambar, dan membuat karya seni lainnya.”
5. “Saya adalah seorang aktivis. Saya memperjuangkan hak-hak asasi manusia dan keadilan sosial.”

Tips untuk Menjawab “What Do You Do” dengan Percaya Diri

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjawab pertanyaan “what do you do” dengan percaya diri:

1. Persiapkan jawaban Anda sebelumnya. Pikirkan tentang apa yang ingin Anda katakan dan bagaimana Anda akan mengatakannya. Latihlah menjawab pertanyaan ini di depan cermin atau dengan teman.
2. Jadilah jelas dan ringkas. Jangan bertele-tele atau memberikan informasi yang tidak relevan. Fokus pada hal-hal yang paling penting dan menarik tentang pekerjaan atau aktivitas Anda.
3. Gunakan bahasa tubuh yang positif. Berdiri tegak, buat kontak mata, dan tersenyum. Bahasa tubuh yang positif akan membuat Anda terlihat lebih percaya diri dan menarik.
4. Jangan takut untuk menunjukkan semangat Anda. Jika Anda bersemangat tentang pekerjaan atau aktivitas Anda, tunjukkanlah dalam jawaban Anda. Antusiasme Anda akan menarik perhatian lawan bicara Anda dan membuat mereka ingin tahu lebih banyak tentang Anda.

Daftar Pekerjaan yang Populer di Indonesia

Berikut ini adalah daftar pekerjaan yang populer di Indonesia:

1. Dokter
2. Guru
3. Insinyur
4. Akuntan
5. Pengusaha
6. Programmer
7. Desainer
8. Pemasar
9. Penjualan
10. Layanan pelanggan

Kesimpulan

Pertanyaan “what do you do” adalah pertanyaan umum yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memahami konsep “what do you do”, kita dapat menjawab pertanyaan ini dengan efektif dan percaya diri. Jawaban yang jelas, ringkas, dan menarik dapat membantu kita membangun kesan yang baik pada lawan bicara kita, memperluas jaringan profesional kita, dan meningkatkan kepercayaan diri kita.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment