Dalam dunia kerja yang kompetitif saat ini, setiap pelamar harus mampu menampilkan diri sebaik mungkin agar dapat menarik perhatian perekrut. Salah satu cara untuk membuat kesan positif adalah dengan mengirimkan surat lamaran kerja tulis tangan. Surat lamaran kerja tulis tangan menunjukkan kesungguhan dan perhatian pelamar terhadap posisi yang dilamar. Selain itu, surat lamaran kerja tulis tangan juga dapat menjadi nilai tambah bagi pelamar yang ingin menunjukkan kreativitas dan keterampilan menulisnya.

Surat lamaran kerja tulis tangan dapat memberikan kesan yang lebih personal dan profesional dibandingkan dengan surat lamaran kerja yang diketik. Dengan menulis surat lamaran kerja dengan tangan, pelamar dapat menunjukkan keseriusan dan perhatian mereka terhadap posisi yang dilamar. Selain itu, surat lamaran kerja tulis tangan juga dapat membuat perekrut merasa lebih dekat dengan pelamar dan memahami kepribadian mereka.

Sebelum menulis surat lamaran kerja tulis tangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan untuk menggunakan kertas dan tinta yang berkualitas baik. Kedua, tulislah surat lamaran kerja dengan rapi dan jelas. Ketiga, gunakan bahasa yang formal dan sopan. Keempat, jangan lupa untuk menandatangani surat lamaran kerja dengan tangan.

Perbandingan Antara Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan dan Surat Lamaran Kerja Ketik

Surat lamaran kerja tulis tangan memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan surat lamaran kerja ketik. Pertama, surat lamaran kerja tulis tangan menunjukkan kesungguhan dan perhatian pelamar terhadap posisi yang dilamar. Kedua, surat lamaran kerja tulis tangan dapat menjadi nilai tambah bagi pelamar yang ingin menunjukkan kreativitas dan keterampilan menulisnya. Ketiga, surat lamaran kerja tulis tangan dapat membuat perekrut merasa lebih dekat dengan pelamar dan memahami kepribadian mereka.

Namun, surat lamaran kerja tulis tangan juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, menulis surat lamaran kerja dengan tangan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan mengetik. Kedua, surat lamaran kerja tulis tangan lebih rentan terhadap kesalahan. Ketiga, surat lamaran kerja tulis tangan mungkin tidak terlihat seprofesional surat lamaran kerja yang diketik.

Metode Penulisan Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menulis surat lamaran kerja tulis tangan. Pertama, pelamar dapat menulis surat lamaran kerja dengan menggunakan pena dan kertas. Kedua, pelamar dapat menggunakan komputer untuk menulis surat lamaran kerja, kemudian mencetaknya dan menandatanganinya dengan tangan. Ketiga, pelamar dapat menggunakan layanan penulisan surat lamaran kerja profesional.

Metode penulisan surat lamaran kerja tulis tangan yang terbaik tergantung pada preferensi pelamar. Namun, perlu diingat bahwa surat lamaran kerja tulis tangan harus ditulis dengan rapi dan jelas. Selain itu, surat lamaran kerja tulis tangan harus menggunakan bahasa yang formal dan sopan.

Keuntungan dan Kelebihan Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

  • Menunjukkan kesungguhan dan perhatian pelamar terhadap posisi yang dilamar.
  • Menjadi nilai tambah bagi pelamar yang ingin menunjukkan kreativitas dan keterampilan menulisnya.
  • Membuat perekrut merasa lebih dekat dengan pelamar dan memahami kepribadian mereka.
  • Membedakan pelamar dari pelamar lainnya yang menggunakan surat lamaran kerja yang diketik.
  • Dapat membantu pelamar untuk mendapatkan perhatian perekrut dan meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan pekerjaan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang dapat digunakan sebagai referensi:

[Nama Pelamar]

[Alamat Pelamar]

[Tanggal]

[Nama Perekrut]

[Jabatan Perekrut]

[Nama Perusahaan]

[Alamat Perusahaan]

Dengan hormat,

Saya menulis surat ini untuk melamar posisi [posisi yang dilamar] yang saya lihat di [nama sumber informasi]. Saya telah bekerja di bidang [bidang pekerjaan] selama [jumlah tahun] tahun dan memiliki pengalaman dalam [daftar pengalaman].

Saya yakin bahwa keterampilan dan pengalaman saya dapat berkontribusi terhadap keberhasilan [nama perusahaan]. Saya adalah orang yang [daftar karakteristik positif]. Saya juga memiliki keterampilan [daftar keterampilan].

Saya sangat tertarik untuk bekerja di [nama perusahaan] karena [alasan tertarik bekerja di perusahaan tersebut]. Saya yakin bahwa saya dapat berkontribusi secara positif terhadap perusahaan dan mencapai tujuan bersama.

Saya telah melampirkan resume dan portofolio saya untuk mendukung lamaran ini. Saya sangat menghargai kesempatan untuk berdiskusi lebih lanjut tentang posisi ini dan bagaimana saya dapat berkontribusi terhadap keberhasilan [nama perusahaan].

Terima kasih atas waktu dan pertimbangan Anda.

Hormat saya,

[Tanda Tangan Pelamar]

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

  • Gunakan kertas dan tinta yang berkualitas baik.
  • Tulislah surat lamaran kerja dengan rapi dan jelas.
  • Gunakan bahasa yang formal dan sopan.
  • Jangan lupa untuk menandatangani surat lamaran kerja dengan tangan.
  • Sesuaikan isi surat lamaran kerja dengan posisi yang dilamar.
  • Tunjukkan keterampilan dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang dilamar.
  • Periksa kembali surat lamaran kerja sebelum mengirimkannya.

Kesimpulan

Surat lamaran kerja tulis tangan dapat menjadi nilai tambah bagi pelamar yang ingin menunjukkan kesungguhan, perhatian, kreativitas, dan keterampilan menulisnya. Dengan menulis surat lamaran kerja dengan tangan, pelamar dapat membuat perekrut merasa lebih dekat dengan mereka dan memahami kepribadian mereka. Namun, perlu diingat bahwa surat lamaran kerja tulis tangan harus ditulis dengan rapi dan jelas, menggunakan bahasa yang formal dan sopan, serta disesuaikan dengan posisi yang dilamar.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment