Indonesia terkenal dengan iklim tropisnya yang hangat dan lembab. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa daerah di Indonesia yang memiliki suhu terdingin? Ya, daerah-daerah ini terletak di pegunungan tinggi dan jauh dari pantai, sehingga udaranya lebih dingin dan sejuk. Pada malam hari, suhu di daerah-daerah ini bahkan bisa mencapai di bawah 0 derajat Celcius!

Penasaran dengan daerah-daerah terdingin di Indonesia? Berikut ini adalah 7 wilayah terdingin.

1. Gunung Semeru, Jawa Timur

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Puncaknya yang bernama Mahameru berada pada ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl). Pada malam hari, suhu di puncak Gunung Semeru bisa mencapai -5 derajat Celcius! Gunung ini juga dikenal dengan sebutan “Atap Jawa” karena tingginya yang menjulang.

Di kawasan Gunung Semeru, terdapat beberapa lokasi yang terkenal dengan suhu dinginnya, seperti Ranu Kumbolo, Kalimati, dan Arcopodo. Suhu di lokasi-lokasi ini bisa mencapai 0 derajat Celcius pada malam hari. Bahkan, pada musim kemarau, suhu di Ranu Kumbolo bisa mencapai -3 derajat Celcius!

Untuk mencapai puncak Gunung Semeru, Anda harus melewati jalur pendakian yang cukup menantang. Namun, semua rasa lelah akan terbayar lunas saat Anda melihat keindahan pemandangan dari puncak Mahameru. Puncak tertinggi di Jawa ini menawarkan pemandangan yang sangat indah, termasuk pemandangan Gunung Bromo dan Gunung Raung.

2. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia. Puncaknya yang bernama Puncak Sembalun berada pada ketinggian 3.726 mdpl. Pada malam hari, suhu di Puncak Sembalun bisa mencapai -10 derajat Celcius! Gunung Rinjani juga dikenal dengan sebutan “Gunung Api Terindah di Dunia” karena keindahan pemandangannya.

Di kawasan Gunung Rinjani, terdapat beberapa lokasi yang terkenal dengan suhu dinginnya, seperti Danau Segara Anak, Pelawangan Sembalun, dan Plawangan Senaru. Suhu di lokasi-lokasi ini bisa mencapai 0 derajat Celcius pada malam hari. Bahkan, pada musim kemarau, suhu di Danau Segara Anak bisa mencapai -5 derajat Celcius!

Untuk mencapai puncak Gunung Rinjani, Anda harus melewati jalur pendakian yang cukup menantang. Namun, semua rasa lelah akan terbayar lunas saat Anda melihat keindahan pemandangan dari puncak Sembalun. Puncak tertinggi di NTB ini menawarkan pemandangan yang sangat indah, termasuk pemandangan Gunung Agung dan Gunung Tambora.

3. Gunung Kerinci, Sumatera Barat

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Sumatera. Puncaknya yang bernama Puncak Indrapura berada pada ketinggian 3.805 mdpl. Pada malam hari, suhu di Puncak Indrapura bisa mencapai -15 derajat Celcius! Gunung Kerinci juga dikenal dengan sebutan “Atap Sumatera” karena tingginya yang menjulang.

Di kawasan Gunung Kerinci, terdapat beberapa lokasi yang terkenal dengan suhu dinginnya, seperti Danau Gunung Tujuh, Lobu Gede, dan Telaga Biru. Suhu di lokasi-lokasi ini bisa mencapai 0 derajat Celcius pada malam hari. Bahkan, pada musim kemarau, suhu di Danau Gunung Tujuh bisa mencapai -7 derajat Celcius!

Untuk mencapai puncak Gunung Kerinci, Anda harus melewati jalur pendakian yang cukup menantang. Namun, semua rasa lelah akan terbayar lunas saat Anda melihat keindahan pemandangan dari puncak Indrapura. Puncak tertinggi di Sumatera ini menawarkan pemandangan yang sangat indah, termasuk pemandangan Gunung Marapi dan Gunung Singgalang.

4. Gunung Jaya Wijaya, Papua

Gunung Jaya Wijaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia dan Papua. Puncaknya yang bernama Puncak Carstensz berada pada ketinggian 4.884 mdpl. Pada malam hari, suhu di Puncak Carstensz bisa mencapai -20 derajat Celcius! Gunung Jaya Wijaya juga dikenal dengan sebutan “Puncak Salju Abadi” karena puncaknya yang selalu tertutup salju.

Di kawasan Gunung Jaya Wijaya, terdapat beberapa lokasi yang terkenal dengan suhu dinginnya, seperti Danau Habema, Gletser Carstensz, dan Lembah Baliem. Suhu di lokasi-lokasi ini bisa mencapai 0 derajat Celcius pada malam hari. Bahkan, pada musim kemarau, suhu di Danau Habema bisa mencapai -10 derajat Celcius!

5. Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung Bromo merupakan gunung yang terletak di Jawa Timur. Gunung ini terkenal dengan pemandangannya yang indah, terutama saat matahari terbit. Puncaknya yang bernama Puncak Penanjakan berada pada ketinggian 2.770 mdpl. Pada malam hari, suhu di Puncak Penanjakan bisa mencapai 0 derajat Celcius.

Di kawasan Gunung Bromo, terdapat beberapa lokasi yang terkenal dengan suhu dinginnya, seperti Pasir Berbisik, Gunung Batok, dan Kaldera Bromo. Suhu di lokasi-lokasi ini bisa mencapai 0 derajat Celcius pada malam hari. Bahkan, pada musim kemarau, suhu di Pasir Berbisik bisa mencapai -5 derajat Celcius!

6. Gunung Raung, Jawa Timur

Gunung Raung merupakan gunung yang terletak di Jawa Timur. Gunung ini terkenal dengan aktivitas vulkaniknya yang tinggi. Puncaknya yang bernama Puncak Sejajar berada pada ketinggian 3.332 mdpl. Pada malam hari, suhu di Puncak Sejajar bisa mencapai -5 derajat Celcius!

Di kawasan Gunung Raung, terdapat beberapa lokasi yang terkenal dengan suhu dinginnya, seperti Ranu Klakah, Kalimati, dan Arcopodo. Suhu di lokasi-lokasi ini bisa mencapai 0 derajat Celcius pada malam hari. Bahkan, pada musim kemarau, suhu di Ranu Klakah bisa mencapai -3 derajat Celcius!

7. Gunung Lawu, Jawa Tengah

Gunung Lawu merupakan gunung yang terletak di Jawa Tengah. Gunung ini terkenal dengan pemandangannya yang indah, terutama saat matahari terbit. Puncaknya yang bernama Puncak Hargo Dumilah berada pada ketinggian 3.265 mdpl. Pada malam hari, suhu di Puncak Hargo Dumilah bisa mencapai 0 derajat Celcius.

Di kawasan Gunung Lawu, terdapat beberapa lokasi yang terkenal dengan suhu dinginnya, seperti Cemoro Sewu, Candi Cetho, dan Telaga Sarangan. Suhu di lokasi-lokasi ini bisa mencapai 0 derajat Celcius pada malam hari. Bahkan, pada musim kemarau, suhu di Cemoro Sewu bisa mencapai -5 derajat Celcius!

Kesimpulan

Itulah 7 wilayah terdingin di Indonesia. Suhu di daerah-daerah ini bisa mencapai di bawah 0 derajat Celcius pada malam hari, sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin merasakan sensasi dinginnya musim dingin. Namun, sebelum Anda pergi ke daerah-daerah ini, pastikan Anda membawa pakaian hangat yang cukup dan perlengkapan lainnya yang diperlukan.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment