Sebelum Manusia Mengenal Tulisan Bahasa Universal Yang Lazim Digunakan Adalah?

Pada masa modern ini sangat mudah bagi manusia untuk berkomunikasi satu sama lain tak terkecuali melintasi batas negara.

Hal ini dapat terjadi berkat adanya bahasa universal yang digunakan untuk berkomunikasi antarbangsa. Namun, pernahkah anda memikirkan betapa susahnya dalam komunikasi sewaktu bahasa universal belum ada?

“Sebelum Manusia Mengenal Tulisan Bahasa Universal Yang Lazim Digunakan Adalah”. Pada masa dahulu komunikasi yang dilakukan memerlukan usaha yang cukup besar sebelum berhasil saling memahami, khususnya ketika berhadapan dengan orang-orang dari negara lain.

Tidak sedikit yang harus melakukan terjemahan manual, dan untuk hal tertentu terhadap cara menjabarkan suatu ide juga memerlukan improviasi agar dapat dimengerti. Berikut ini akan dijelaskan mengenai perjalanan bahasa universal sejak zaman dahulu hingga sekarang ini.

Perkembangan Bahasa Manusia

Sejarah menemukan bahwa bahasa manusia adalah pengembangan dari evolusi manusia itu sendiri. Kita sadari bahwa manusia yang hidup di masa lampau sebagian besar tidak dapat membaca atau menulis, namun seiring berjalannya waktu mereka mengembangkan cara komunikasi yang efektif dan mudah difahami.

Pada zaman purbakala, manusia harus menemukan cara untuk berkomunikasi satu sama lain dalam bentuk simbol atau lambang yang mudah dipahami oleh semua orang. Ini termasuk tanda tangan dan bahasa isyarat yang digunakan untuk berbicara secara universal dan mudah difahami. Namun perkembangan bahasa ini masih sangat terbatas dalam batas-batas geografis.

Contoh:

Sebelum adanya bahasa universal, masyarakat saat itu biasanya menggunakan isyarat tangan dan bahasa tubuh untuk berkomunikasi, seperti posisi badan, ekspresi wajah, serta suara-suara alam.

Perkembangan Bahasa Tulisan

Perkembangan bahasa tulisan sejak zaman dahulu juga mencatat sejarah. Bahasa tulisan pertama kali ditemukan pada 4000 SM, para bangsa Sumeria menciptakan bahasa tulisan kuno yang disebut tulisan hieroglif. Bahasa ini kemudian dipakai oleh bangsa Mesir pada 2300 SM dan terus berkembang secara global. Saat ini bahasa isyarat dan bahasa tulisan digunakan secara bersamaan untuk memudahkan sebuah komunikasi yang akurat, termasuk di dalamnya bahasa universal.

Contoh:

Dalam sejarah bahasa tulisan, perkembangan bahasa ini terus berkembang hingga pada akhirnya mampu menghasilkan bentuk bahasa tulisan yang mengikuti perkembangan saat ini, seperti bahasa braille untuk tuna netra dan bahasa Morse untuk radio telegrafi.

Bahasa Esperanto

Salah satu bahasa yang paling mencolok sebagai bahasa universal adalah bahasa Esperanto. Bahasa ini diperkenalkan pada tahun 1887 oleh seorang dokter bahasa asal Polandia yang bernama Ludwik Zamenhof. Bahasa Esperanto ini terdiri dari gabungan kosakata yang mudah dipahami, termasuk menghilangkan perbedaan gramatikal yang rumit serta kesesuaian ejaan dengan cara bunyi. Bahasa Esperanto ini tidak hanya dipelajari di berbagai negara, tetapi juga merupakan salah satu bahasa yang digunakan dalam organisasi internasional seperti PBB dan UNESCO.

Contoh:

Bahasa Esperanto terus dikembangkan dan mendapatkan penggemar, bahkan pada tahun 2018 pemerintah Tiongkok mendukung pengembangan bahasa ini untuk memfasilitasi komunikasi lintas batas.

Teknologi dalam Bahasa Universal

Peningkatan teknologi telah memainkan peran penting dalam membentuk bahasa universal yang digunakan sekarang ini. Pengembangan telepon seluler, internet, dan media sosial telah memudahkan terjadinya komunikasi secara cepat dan mudah. Bahkan sekarang ini, pembaca dapat menjadi terjemahan langsung kilat cukup dengan menggunakan aplikasi penerjemah pada perangkat telepon seluler masing-masing.

Contoh:

Salah satu contoh pengembangan teknologi yang memfasilitasi bahasa universal adalah Microsoft Translator. Aplikasi ini memungkinkan pembaca untuk menulis, memutar dan menghantar pesan pada berbagai bahasa, dan bahkan dapat digunakan untuk mengelola konferensi video aplikasi terusan.

Kesimpulan

Sejarah yang panjang dimulai sejak zaman dahulu hingga sekarang ini menunjukkan bahwa perjalanan bahasa universal memerlukan banyak usaha dan kerjasama global. Perkembangan bahasa pada zaman dahulu, perkembangan bahasa tulisan, bahasa esperanto, dan teknologi, semuanya berperan dalam membentuk bahasa universal yang digunakan sekarang ini.

Bahasa universal menjadi sangat penting dalam dunia globalisasi ini. Sangat memudahkan kita berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia, sehingga mempercepat kemajuan dunia dalam berbagai bidang.

Melalui usaha dan kerjasama global, kita dapat terus memperkaya bahasa universal agar lebih mudah digunakan dan efisien bagi semua orang. Teruslah mendorong dan mendukung pengembangan bahasa universal ini.

Menulis informasi yang mendidik, suka dengan hal-hal yang membangun terutama untuk pengembangan diri.