Pohon mangga madu merupakan varietas mangga yang sangat populer di Indonesia. Sesuai dengan namanya, mangga madu memiliki rasa manis yang legit seperti madu. Dipadu dengan tekstur daging buahnya yang lembut dan juicy, menjadikan mangga madu sebagai buah favorit banyak orang.

Pohon mangga madu memiliki ciri-ciri yang khas. Daunnya berukuran sedang, berbentuk oval, dan memiliki warna hijau tua. Bunganya berwarna putih keunguan dan beraroma harum. Buah mangga madu berbentuk bulat lonjong dengan kulit berwarna hijau saat muda dan berubah menjadi kuning keemasan saat matang. Ukuran buahnya sedang, berkisar antara 200-400 gram.

Pohon mangga madu mudah dibudidayakan dan dapat tumbuh di berbagai jenis tanah. Pohon ini membutuhkan sinar matahari yang cukup dan air yang teratur. Perawatan yang baik akan menghasilkan pohon mangga madu yang produktif dengan buah yang berkualitas tinggi.

Tanaman Mangga Madu

Ciri-Ciri Umum

  • Daun: Berukuran sedang, berbentuk oval, berwarna hijau tua
  • Bunga: Berwarna putih keunguan, beraroma harum
  • Buah: Berbentuk bulat lonjong, kulit hijau saat muda, kuning keemasan saat matang, ukuran sedang (200-400 gram)

Syarat Tumbuh

  • Iklim: Tropis dengan suhu optimal 25-35 derajat Celcius
  • Tanah: Subur, gembur, dan berdrainase baik
  • Sinar matahari: Membutuhkan sinar matahari yang cukup
  • Air: Membutuhkan penyiraman yang teratur, terutama saat musim kemarau

Budidaya Pohon Mangga Madu

Pembibitan

Pembibitan pohon mangga madu dapat dilakukan melalui biji atau cangkok. Penyemaian biji dapat dilakukan dalam media tanah atau polybag.

Untuk cangkok, pilih batang pohon mangga madu yang sehat dan produktif. Lakukan pemotongan secara miring pada batang yang akan dijadikan entres dan tempelkan pada batang pohon lain yang telah disiapkan sebagai batang bawah. Ikat dan tutupi dengan plastik untuk menjaga kelembaban.

Penanaman

Penanaman pohon mangga madu dilakukan di lahan yang telah disiapkan dengan baik. Gali lubang tanam berukuran 50x50x50 cm. Campurkan tanah galian dengan pupuk kandang dan arang sekam. Masukkan bibit pohon mangga madu ke dalam lubang tanam dan timbun dengan tanah.

Setelah ditanam, siram pohon mangga madu secara teratur dan lakukan pemupukan secara berkala sesuai kebutuhan.

Perawatan Pohon Mangga Madu

Penyiraman

Pohon mangga madu membutuhkan penyiraman yang cukup, terutama saat musim kemarau. Siram pohon secara teratur, tetapi jangan berlebihan agar tidak membuat tanah menjadi becek.

Pemupukan

Pemupukan pohon mangga madu dilakukan secara rutin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman. Berikan pupuk NPK dengan dosis sesuai kebutuhan tanaman.

Pemangkasan

Pemangkasan pohon mangga madu bertujuan untuk membentuk tajuk yang baik, merangsang pertumbuhan tunas baru, dan meningkatkan produksi buah. Pangkas cabang-cabang yang tidak produktif, cabang yang tumbuh terlalu rapat, dan cabang yang terserang hama penyakit.

Pengendalian Hama dan Penyakit Pohon Mangga Madu

Hama

Pohon mangga madu dapat terserang berbagai hama, seperti kutu putih, ulat pemakan daun, dan lalat buah. Lakukan pengendalian hama dengan menggunakan pestisida organik atau kimia sesuai kebutuhan.

Penyakit

Penyakit yang sering menyerang pohon mangga madu adalah antraknosa, busuk buah, dan embun tepung. Lakukan pengendalian penyakit dengan menggunakan fungisida organik atau kimia sesuai kebutuhan.

Panen dan Pasca Panen Pohon Mangga Madu

Panen

Pohon mangga madu mulai berbuah setelah berusia sekitar 3-5 tahun. Buah mangga madu dapat dipanen saat sudah matang, yaitu ketika kulitnya sudah berwarna kuning keemasan.

Untuk memanen buah mangga madu, gunakan gunting atau pisau yang tajam. Petik buah dengan hati-hati agar tidak merusak buah.

Pasca Panen

Setelah dipanen, buah mangga madu dapat disimpan dalam suhu ruangan selama beberapa hari. Untuk penyimpanan jangka panjang, buah mangga madu dapat disimpan dalam lemari es.

Manfaat Pohon Mangga Madu

  • Buah dengan rasa manis dan legit
  • Sumber vitamin C, vitamin A, dan antioksidan
  • Mengandung serat yang baik untuk pencernaan
  • Menyegarkan dan menghilangkan dahaga
  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Kesimpulan

Pohon mangga madu merupakan varietas mangga unggulan yang memiliki rasa manis legit dan daging buah yang lembut. Pohon ini mudah dibudidayakan dan dapat tumbuh di berbagai jenis tanah. Dengan perawatan yang baik, pohon mangga madu akan menghasilkan buah yang berkualitas tinggi dan berlimpah.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment