Assalamualaikum Brothers and Sisters. Hari ini saya ingin membahas tentang “Percaya Kepada Qada Dan Qadar Hukumnya”. Terkadang kita merasa sedih atau kecewa atas sesuatu yang terjadi di kehidupan kita.

Namun, semuanya sudah digariskan oleh Allah SWT. Bagaimana cara kita bisa percaya pada Qada dan Qadar? Seperti apa hukumnya jika kita tidak percaya pada Qada dan Qadar? Simak ulasan saya di bawah ini.

Apa itu Qada dan Qadar

Qada dan Qadar adalah dua kata dalam bahasa Arab yang merujuk pada tindakan ketetapan atau keputusan Allah SWT yang berwenang atas segala sesuatu yang ada di alam semesta ini.

Dalam bahasa sederhana, Qada dan Qadar merupakan ketentuan takdir yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Kita sebagai hamba Allah hanya mampu merencanakan dan berusaha namun hasil akhirnya ditentukan oleh Allah SWT.

Keutamaan Percaya pada Qada dan Qadar

Allah SWT menurunkan keutamaan-perkeutamaan bagi orang yang mempercayai dan mengimani Qada dan Qadar-Nya.

Di antaranya adalah ketenangan hati, keikhlasan dalam beribadah, mampu menerima kekurangan dan kelemahan, serta tetap optimis dalam menghadapi segala hal.

Rendah Hati dan Memperbaiki Diri

Percaya pada Qada dan Qadar juga harus diiringi dengan sikap rendah hati dan memperbaiki diri. Kita harus senantiasa berusaha untuk memperbaiki diri agar bisa menghadapi segala ujian hidup dengan lebih kuat.

Kita tidak boleh lengah dalam beribadah, bergaul, bekerja, dan lain-lain. Kita harus selalu belajar untuk memperbaiki diri dan berusaha dengan maksimal.

Sikap Sabar dalam Menghadapi Ujian Hidup

Ujian hidup adalah sesuatu yang pasti akan datang kepada setiap manusia. Tidak ada seorang pun yang pernah terlepas dari ujian hidup.

Oleh karena itu, kita harus memiliki sikap sabar dalam menghadapi semua ujian tersebut. Dalam hal ini, kita juga harus mengandalkan pada Qada dan Qadar yang telah Allah tetapkan.

Menghindari Hal-Hal Negatif dan Mencintai Hal-Hal yang Positif

Dalam menghadapi setiap ujian hidup, kita harus senantiasa menghindari hal-hal negatif dan mencintai hal-hal yang positif. Dalam hal ini, kita juga harus percaya pada Qada dan Qadar Allah SWT yang telah menentukan segala sesuatu dalam hidup kita.

Mematangkan Iman dan Berdoa Kepada Allah SWT

Untuk bisa percaya pada Qada dan Qadar, kita harus mematangkan iman kita. Iman yang kuat akan mempertebal keyakinan kita pada Allah SWT. Selain itu, kita juga harus senantiasa berdoa kepada Allah SWT untuk memohon pertolongan dan kekuatan dalam menghadapi segala ujian yang kita hadapi.

Tidak Mengeluh dan Bersyukur pada Allah SWT

Ketika kita menjumpai masalah atau kesulitan dalam hidup, kita harus menghentikan diri dari mengeluh dan malah mengucapkan rasa syukur pada Allah SWT. Kita harus yakin bahwa semua yang terjadi dalam hidup adalah demi kebaikan kita dan terjadi dengan izin dari Allah.

Menjauhi Perilaku Ghibah dan Menyebarkan Kebaikan

Perilaku ghibah menjadi sangat mudah terjadi ketika ada masalah yang dialami oleh orang lain. Namun, jika kita ingin percaya pada Qada dan Qadar Allah SWT, maka kita harus menjauhi perilaku ghibah dan lebih memilih untuk menyebarkan kebaikan.

Tidak Meremehkan atau Memperlemah Keimanan dalam Menghadapi Ujian Hidup

Kita tidak boleh meremehkan atau memperlemah keimanan kita ketika menghadapi ujian hidup. Sebaliknya, kita harus memperkuat keimanan kita pada Allah SWT dan tetap bertawakkal pada-Nya.

Menerima Keputusan Allah SWT dengan Ikhlas

Ketika Allah SWT menetapkan sesuatu untuk kita, maka kita harus menerima keputusan itu dengan ikhlas. Kita tidak bisa memilih atau menolak keputusan Allah SWT. Oleh karena itu, kita harus menerima segala keputusan dengan ikhlas dan percaya bahwa semua keputusan tersebut adalah yang terbaik untuk kita.

Kesimpulan

Percaya pada Qada dan Qadar adalah salah satu ajaran fundamental dalam Islam. Kita sebagai hamba Allah, harus selalu percaya pada ketetapan dan keputusan Allah SWT dan senantiasa berusaha memperbaiki diri untuk menghadapi setiap cobaan dan ujian dengan lebih baik dan kuat.

Semoga ulasan saya kali ini dapat menjadi motivasi bagi kita semua untuk meningkatkan keimanan dan membuat hidup kita lebih baik lagi. Wassalamualaikum.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags:

One response to “Percaya Kepada Qada Dan Qadar Hukumnya”

  1. […] Baca juga : Percaya Kepada Qada Dan Qadar Hukumnya […]

Leave a Comment