Alasan Mengapa Indonesia Disebut Negara Maritim | Freedomsiana
Mengapa Indonesia Disebut Sebagai Negara Maritim

Menjadi Negara Maritim bukanlah sesuatu yang bisa diatur dalam sekejap. Ada banyak alasan yang harus dipertimbangkan untuk menyatakan bahwa suatu negara memang bisa dikategorikan sebagai Negara Maritim. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengapa Indonesia, negara pesawat laut terbesar di dunia, diberi julukan Negara Maritim.

Berdasarkan Luas Wilayah Laut Indonesia

Keindahan laut Indonesia jelas terlihat dari luas Wilayah Laut Indonesia yang mencapai 5.879.844 Km2, yang sebagian besar terletak di sepanjang garis khatulistiwa. Luas Wilayah Laut Indonesia jauh lebih luas daripada luas Wilayah Daratnya, yang hanya sebesar 1.919.440 Km2. Ini kemudian menjadikan laut sebagai tempat bagi ratusan pulau yang ada. Selain itu, laut juga memberi sumber daya di mana banyak sekali terdapat ikan dan hasil laut lainnya yang bisa didapat dengan menangkap ikan.

Selain luas Wilayah Laut yang luas, Indonesia juga merupakan negara yang merupakan tujuan favorit bagi pelaut dunia yaitu Melayu dan China. Para pelaut ini turut berkontribusi dalam pembuatan sejarah laut Indonesia dan meningkatkan potensi ekonomi Indonesia. Terlepas dari ini, laut Indonesia juga merupakan daerah perbatasan terluar yang menawarkan kemungkinan interaksi sosial, budaya dan ekonomi antara negara-negara Indo-Asia.

Berdasarkan Kapal Yang Terdapat di Indonesia

Indonesia juga memiliki banyak kapal di wilayah lautnya, yang tidak hanya berguna untuk berlayar, tetapi juga memberikan peluang bagi penduduk desa, nelayan, dan buruh laut Indonesia untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Kapal-kapal ini tersebar di seluruh wilayah laut Indonesia dan memiliki kapasitas yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Beberapa kapal low-end menawarkan penumpang sejenis paket perjalanan. Kapal medium-end dan kapal high-end memberikan pengalaman jauh lebih baik dan yang paling diinginkan oleh para pelanggan.

Salah satu alasan yang mendorong Indonesia masuk ke dalam daftar Negara Maritim adalah kedudukannya sebagai pengekspor produk laut terbesar kedua di dunia. Indonesia merupakan produsen utama ikan dan udang, dan penyalur ikan terbesar ketiga di dunia. Ini berarti bahwa permintaan tinggi untuk produk laut dari Indonesia, yang memberi jalan bagi para pemilik kapal Indonesia untuk berinvestasi lebih lanjut dan mempromosikan bisnis mereka ke pasar dunia.

Berdasarkan Dampak Ekonomi dari Pembangunan Pelabuhan

Berdasarkan Pintu Gerbang Maritim, Indonesia berhasil mengembangkan 8 pelabuhan utama di seluruh wilayah lautnya. Inimemberikan revolusi perekayasaan lingkungan yang luas bagi negara. Ini memberikan pendapatan dari ekspor dan impor hingga mencapai US$300 juta per tahun. Berbagai macam bahan baku yang tersedia melalut pelabuhan ini kemudian membantu pengembangan sektor Industri di Indonesia.Bahkan, beberapa pelabuhan Indonesia juga menjadi tempat yang dapat ditanjung untuk bervisitasi.

Selain pengembangan pelabuhan, pemerintah Indonesia juga berhasil menghidupkan Pusat Maritim yang menjadi pusat ekspor emas di wilayah laut Indonesia. Ini telah membantu Indonesia dalam berdagang produk ekspor melalui wilayah lautnya. Beberapa produk yang diimpor melalui Pelabuhan Indonesia termasuk komoditas laut, ikan, dan rempah-rempah. Selain itu, bisnis pengangkutan melalui laut pun dapat beroperasi di wilayah ini.

Berdasarkan Sumber Daya Wilayah Laut Indonesia

Indonesia memiliki berbagai jenis sumber daya alam untuk dieksplorasi dari Wilayah Lautnya, seperti minyak dan gas bumi yang dapat diekstraksi dari batuan yang terdapat di dalam laut. Sumber daya ini sangat dihargai di seluruh dunia karena nilainya yang lebih tinggi. Sumur minyak ini dapat diakses dengan lebih mudah menggunakan teknologi yang canggih, sehingga memungkinkan pengusaha lokal untuk mendapatkan akses ke minyak dan menghasilkan sejumlah uang untuk pengembangan wilayahnya.

Selain minyak dan gas, Indonesia juga memiliki kekayaan lainnya, seperti sektor pertambangan, wisata laut, dan eksplorasi biologi. Berbagai jenis tambang beroperasi dengan aman di wilayah laut. Berbagai destinasi wisata laut juga dapat diakses oleh wisatawan yang berminat untuk menikmati keindahan wilayah laut Indonesia. Eksplorasi biologi dapat pula menjadi cara untuk mengetahui keberadaan hewan dan tumbuhan yang ada di Wilayah Laut Indonesia.

Berdasarkan Kanal Mapun di Indonesia

Kanal Mapun adalah salah satu dari sekian banyak kanal laut yang menghubungkan Pulau-pulau di wilayah Laut Indonesia. Ini telah meningkatkan akses bagi para nelayan dan pemandu laut untuk melakukan aktivitas di sepanjang pantai dan pulau-pulau Indonesiam. Kanal ini juga telah dianggap sebagai salah satu yang terbaik di seluruh belahan dunia. Hal ini disebabkan karena kanal ini tidak hanya merupakan jalur transportasi bagi siapa saja yang ingin berlayar di wilayah Indonesia, tetapi juga menyediakan sumber daya ikan bagi mereka yang berencana untuk berburu.

Kanal Mapun juga membantu meningkatkan pengembangan ekonomi lokal karena memungkinkan petani laut untuk berkembang di sepanjang kanal ini. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa kanal ini memberikan banyak peluang

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment