Cumi-cumi merupakan salah satu makanan laut yang populer karena rasanya yang lezat dan kandungan gizinya yang tinggi. Tak hanya kaya protein, cumi juga mengandung berbagai nutrisi penting lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Mengonsumsi cumi secara teratur dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian kita. Kandungan gizi cumi yang beragam membuat makanan laut ini menjadi pilihan tepat untuk memenuhi kebutuhan protein, omega-3, dan mineral penting.

Nutrisi yang terkandung dalam cumi bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan tulang, dan meningkatkan fungsi kognitif. Selain itu, kandungan antioksidan dalam cumi juga dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kandungan Gizi Cumi

Protein

Cumi merupakan sumber protein yang baik, dengan kandungan protein sekitar 18 gram per 100 gram cumi. Protein dalam cumi mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan.

Konsumsi protein yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan otot, tulang, dan kulit. Selain itu, protein juga berperan dalam mengatur kadar gula darah dan meningkatkan rasa kenyang.

Omega-3

Cumi merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik, dengan kandungan sekitar 0,5 gram per 100 gram cumi. Asam lemak omega-3 sangat penting untuk kesehatan jantung dan otak.

Konsumsi omega-3 dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan fungsi kognitif. Selain itu, omega-3 juga berperan dalam menjaga kesehatan sendi dan mengurangi peradangan.

Vitamin B12

Cumi merupakan sumber vitamin B12 yang baik, dengan kandungan sekitar 2 mikrogram per 100 gram cumi. Vitamin B12 sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan sel darah merah.

Konsumsi vitamin B12 yang cukup dapat membantu mencegah anemia, meningkatkan fungsi kognitif, dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, vitamin B12 juga berperan dalam produksi energi dan metabolisme lemak.

Selenium

Cumi merupakan sumber selenium yang baik, dengan kandungan sekitar 35 mikrogram per 100 gram cumi. Selenium merupakan mineral penting yang berperan dalam melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Konsumsi selenium yang cukup dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit kronis, dan menjaga kesehatan tiroid. Selain itu, selenium juga berperan dalam metabolisme hormon dan fungsi reproduksi.

Zat Besi

Cumi merupakan sumber zat besi yang baik, dengan kandungan sekitar 2,5 miligram per 100 gram cumi. Zat besi sangat penting untuk pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia.

Konsumsi zat besi yang cukup dapat membantu meningkatkan energi, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan fungsi kognitif. Selain itu, zat besi juga berperan dalam produksi hormon dan fungsi kekebalan tubuh.

Fosfor

Cumi merupakan sumber fosfor yang baik, dengan kandungan sekitar 180 miligram per 100 gram cumi. Fosfor sangat penting untuk kesehatan tulang, gigi, dan otot.

Konsumsi fosfor yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan tulang, mencegah osteoporosis, dan meningkatkan fungsi otot. Selain itu, fosfor juga berperan dalam produksi energi dan mengatur keseimbangan cairan tubuh.

Kalium

Cumi merupakan sumber kalium yang baik, dengan kandungan sekitar 200 miligram per 100 gram cumi. Kalium sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

Konsumsi kalium yang cukup dapat membantu mengatur tekanan darah, mengurangi risiko stroke, dan meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, kalium juga berperan dalam fungsi otot dan saraf.

Magnesium

Cumi merupakan sumber magnesium yang baik, dengan kandungan sekitar 45 miligram per 100 gram cumi. Magnesium sangat penting untuk kesehatan otot, tulang, dan sistem saraf.

Konsumsi magnesium yang cukup dapat membantu meningkatkan fungsi otot, menjaga kesehatan tulang, dan mengurangi risiko penyakit kronis. Selain itu, magnesium juga berperan dalam metabolisme energi dan mengatur keseimbangan cairan.

Seng

Cumi merupakan sumber seng yang baik, dengan kandungan sekitar 0,9 miligram per 100 gram cumi. Seng sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan kulit.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment