Sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia untuk menyelesaikan segala sesuatunya dengan cerita atau dongeng.

Tidak hanya sebagai hiburan semata, namun dongeng juga seringkali menyimpan berbagai makna moral yang dapat dijadikan pedoman hidup.

Dongeng Teh Kaasup Karya Balarea Lantaran adalah salah satu kisah legenda dari Kalimantan Selatan yang kaya akan makna dan pesan moral.

Asal Usul Dongeng Teh Kaasup Karya Balarea Lantaran

Dongeng Teh Kaasup Karya Balarea Lantaran berasal dari suku Banjar di Kalimantan Selatan, tepatnya di daerah Hulu Sungai Tengah.

Menurut cerita, nama Teh Kaasup berasal dari sebuah sumber air yang terdapat di sebuah pegunungan. Teh Kaasup dianggap sebagai tempat suci yang dijaga oleh makhluk halus, yaitu Balarea Lantaran yang bertugas menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar.

Cerita Dongeng Teh Kaasup Karya Balarea Lantaran

Cerita dimulai ketika seorang pemuda bernama Aji Dirjo berburu di hutan. Ia merasa sangat letih dan haus setelah berburu seharian penuh.

Lalu, ia melihat sebuah sumber air yang sangat indah dan segar, yang ternyata adalah Teh Kaasup. Tanpa sadar, Aji Dirjo membuang sampah di dekat sumber air tersebut.

Keesokan harinya, Aji Dirjo merasa sangat sakit dan tidak bisa berdiri. Setelah diobati oleh dukun, Aji Dirjo akhirnya mengetahui bahwa ia sakit karena telah merusak lingkungan yang dijaga oleh Balarea Lantaran.

Akhirnya, Aji Dirjo dipanggil oleh Balarea Lantaran untuk bertanggung jawab atas perbuatannya dan menyelesaikan misi untuk menjaga kelestarian alam.

Pesan Moral Dari Dongeng Teh Kaasup Karya Balarea Lantaran

1. Lingkungan harus dijaga dan dilestarikan agar tetap terjaga kelestariannya.
2. Jangan merusak lingkungan sekitar, karena dampaknya dapat sangat merugikan manusia dan makhluk hidup lainnya.
3. Tanggung jawab harus diemban oleh siapa saja yang melakukan kesalahan atau perbuatan kurang baik.

Kesimpulan

Dongeng Teh Kaasup Karya Balarea Lantaran adalah salah satu kisah legenda yang kaya akan pesan moral yang kuat. Kehadiran dongeng seperti ini sangat penting bagi masyarakat Indonesia, terutama untuk mengajarkan nilai-nilai luhur yang sudah melekat dalam budaya dan kearifan lokal.

Dengan mengetahui kisah-kisah seperti ini, diharapkan kita semua dapat menjaga lingkungan sekitar dan merawat kelestariannya demi masa depan yang lebih baik.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment