Ingin membuat curriculum vitae (CV) yang baik dan benar? Kita harus mengetahui terlebih dahulu contoh curriculum vitae bahasa Indonesia yang baik dan benar.

CV merupakan hal yang sangat penting untuk dapatkan pekerjaan impian kita. Pada artikel kali ini, saya akan membahas dan memberikan contoh-curriculum vitae bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Saat ini, dunia kerja semakin kompetitif dan sulit untuk mendapatkan pekerjaan impian. Salah satu hal yang vital dalam mencari pekerjaan adalah membuat curriculum vitae atau CV.

CV biasanya digunakan sebagai representasi kita untuk mempresentasikan diri kepada perusahaan tempat kita melamar. Oleh karena itu, CV yang baik dan benar akan sangat memengaruhi keputusan HRD dalam memilih kandidat yang tepat.

Meskipun terdengar mudah, membuat CV yang baik dan benar kadang membingungkan. Saat kita mencoba untuk membuat CV, akan sulit untuk menentukan apa yang harus disertakan dan apa yang tidak perlu.

Oleh karena itu, pada artikel ini, saya akan memberikan contoh-curriculum vitae bahasa Indonesia yang baik dan benar.

1. Heading

Heading atau judul merupakan bagian terpenting dalam CV. Pada bagian ini, kita harus mencantumkan nama lengkap, alamat, email, dan nomor telepon.

Pastikan untuk mencantumkan data kontak yang mudah dihubungi. Jangan lupa untuk memperbaharui alamat email dan nomor telepon kita jika sudah berganti.

2. Pendidikan

Bagian selanjutnya adalah pendidikan. Pada bagian ini, kita harus mencantumkan pendidikan terakhir yang kita habiskan. Contohnya, SMA atau kuliah.

Selain itu, kita juga dapat mencantumkan sertifikat pelatihan atau kursus yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Jangan lupa untuk mencantumkan institusi, jurusan, semester, tahun masuk, dan lulus.

3. Pengalaman Kerja

Bagian ini adalah bagian penting dalam CV. Pada bagian ini, kita harus mencantumkan pengalaman kerja kita. Mencantumkan pengalaman memperlihatkan kualifikasi dan kompetensi kita di mata HRD.

Cara yang baik untuk menulis pengalaman kerja adalah dengan menuliskan nama perusahaan, jabatan, waktu, serta tanggung jawabnya. Jangan lupa untuk menonjolkan prestasi yang kita capai selama bekerja di perusahaan tersebut.

4. Kemampuan

Kemampuan atau keahlian juga memainkan peran penting saat melamar pekerjaan. Pada bagian ini, kita bisa mencantumkan kemampuan atau keterampilan yang kita miliki yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

Contohnya, kemampuan programming, pemahaman bahasa Inggris, kemampuan berbahasa asing, kemampuan dalam pemecahan masalah, dan lain-lain.

5. Aktivitas dan Penghargaan

Aktivitas atau penghargaan yang pernah kita terima juga dapat memberikan nilai tambah pada CV kita. Bagian ini dapat memperlihatkan kualitas kepribadian dan kerja keras kita. Penghargaan juga bisa berupa juara lomba, penghargaan akademik, dan keunggulan keterampilan tertentu.

6. Keanggotaan Organisasi

Keanggotaan organisasi juga dapat menjadi nilai tambah pada CV. Organisasi yang kita sertai dapat memperlihatkan kemampuan kita dalam bekerja sama dengan orang lain, kepemimpinan, serta kemampuan organisasi diri dan waktu.

7. Referensi

Bagian terkahir dari CV adalah referensi. Referensi bisa berupa kontak orang yang bisa memberikan informasi tentang diri kita. Referensi dapat berupa atasan, teman, atau dosen pembimbing. Pastikan untuk menanyakan izin terlebih dahulu sebelum mencantumkan kontak seseorang sebagai referensi.

8. Desain CV

Selain konten, desain CV yang menarik juga memengaruhi HRD dalam mempertimbangkan kita. Desain yang baik dan menarik akan membuat CV kita mudah dibaca dan lebih profesional. Berikut adalah tips desain CV yang baik dan menarik:

  • Gunakan jenis font yang mudah dibaca, seperto Times New Roman atau Arial
  • Gunakan ukuran font yang seragam dan tidak terlalu kecil
  • Gunakan margin yang cukup
  • Gunakan bullet untuk memberikan poin-poin penting
  • Gunakan jarak yang cukup antara bagian satu dengan bagian lainnya
  • Gunakan bentuk yang rapi dan terstruktur
  • Gunakan warna yang terbatas dan netral
  • Hindari penggunaan gambar atau foto

9. Kesimpulan

Membuat CV tidaklah sulit, selama kita mengetahui cara yang tepat. Dengan mengetahui contoh curriculum vitae bahasa Indonesia yang baik dan benar, kita bisa membuat CV yang lebih profesional dan menarik perhatian HRD.

Pastikan untuk mencantumkan poin-poin penting seperti pendidikan, pengalaman kerja, kemampuan, aktivitas dan penghargaan, keanggotaan organisasi, dan referensi. Terakhir, jangan lupa untuk membuat desain CV yang baik dan rapi.

10. Contoh CV Yang Baik Dan Benar

Berikut adalah contoh curriculum vitae bahasa Indonesia yang baik dan benar.

[format CV]

Sekian artikel yang membahas tentang contoh curriculum vitae bahasa Indonesia yang baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan ide untuk membuat CV yang lebih baik.

Ingat, CV yang baik dan benar akan memengaruhi keputusan HRD dalam mempertimbangkan kita sebagai kandidat yang tepat.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment

Iklan