Kucing adalah hewan berbulu yang menggemaskan dan seringkali menjadi peliharaan kesayangan banyak orang. Namun, bagi pemilik kucing yang baru pertama kali memelihara, mungkin akan merasa bingung ketika kucingnya menunjukkan tanda-tanda akan melahirkan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri kucing mau melahirkan agar dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

Ciri-ciri kucing mau melahirkan dapat dikenali dengan mengamati perubahan fisik dan perilaku kucing. Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda umum yang menunjukkan bahwa kucing akan melahirkan:

Perut kucing membesar. Ini adalah tanda fisik yang paling jelas bahwa kucing sedang hamil. Perut kucing akan membesar secara bertahap selama kehamilan dan mencapai ukuran maksimalnya sekitar 1-2 minggu sebelum melahirkan.

Tanda-tanda Kucing Mau Melahirkan

1. Perubahan Perilaku

Kucing yang akan melahirkan sering menunjukkan perubahan perilaku, seperti menjadi lebih gelisah, mudah tersinggung, dan mencari tempat yang tenang dan tersembunyi untuk bersarang. Mereka juga mungkin lebih sering mengeong dan meminta perhatian dari pemiliknya.

2. Perubahan Nafsu Makan

Kucing yang akan melahirkan mungkin mengalami perubahan nafsu makan, seperti makan lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya. Beberapa kucing bahkan mungkin menolak makan sama sekali selama beberapa hari sebelum melahirkan.

3. Perubahan Berat Badan

Kucing yang akan melahirkan biasanya akan mengalami peningkatan berat badan yang signifikan. Namun, beberapa kucing mungkin mengalami penurunan berat badan menjelang kelahiran karena nafsu makan yang menurun.

4. Perubahan Suhu Tubuh

Suhu tubuh kucing yang akan melahirkan biasanya akan turun sekitar 1-2 derajat Celcius beberapa jam sebelum melahirkan. Ini adalah tanda bahwa tubuh kucing sedang bersiap untuk melahirkan.

5. Keluarnya Cairan dari Vagina

Kucing yang akan melahirkan mungkin mengeluarkan cairan bening atau sedikit berdarah dari vagina. Ini adalah tanda bahwa serviks kucing sedang membuka dan mempersiapkan diri untuk melahirkan.

6. Kontraksi Rahim

Kontraksi rahim adalah tanda yang paling jelas bahwa kucing akan melahirkan. Kontraksi ini dapat terlihat sebagai gerakan perut kucing yang berirama dan semakin kuat seiring dengan waktu.

7. Melahirkan Anak Kucing

Kucing yang akan melahirkan biasanya akan melahirkan anak-anaknya dalam waktu 24-36 jam setelah kontraksi rahim dimulai. Proses melahirkan dapat berlangsung selama beberapa jam hingga beberapa hari, tergantung pada jumlah anak kucing yang dilahirkan.

Kesimpulan

Mengetahui ciri-ciri kucing mau melahirkan sangat penting bagi pemilik kucing agar dapat mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan memastikan bahwa kucing dan anak-anak kucingnya lahir dengan selamat. Jika Anda melihat tanda-tanda bahwa kucing Anda akan melahirkan, segera hubungi dokter hewan untuk mendapatkan perawatan dan bantuan yang tepat.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment