Kucing adalah hewan peliharaan yang menggemaskan, namun kesehatan mereka harus selalu dijaga. Salah satu masalah kesehatan kucing yang umum terjadi adalah cacingan. Cacingan dapat disebabkan oleh berbagai jenis cacing, seperti cacing gelang, cacing pita, dan cacing tambang. Oleh karena itu, penting bagi pemilik kucing untuk mengetahui ciri-ciri kucing cacingan agar dapat segera melakukan pengobatan.

Cacingan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada kucing, mulai dari diare, muntah, dan penurunan berat badan hingga anemia dan kerusakan organ. Dalam beberapa kasus, cacingan juga dapat menyebabkan kematian pada kucing. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kucing secara berkala dan segera memberikan pengobatan jika kucing terinfeksi cacing.

Berikut beberapa ciri-ciri kucing cacingan yang perlu Anda ketahui:

1. Perubahan Nafsu Makan

Kucing yang cacingan sering mengalami perubahan nafsu makan. Mereka mungkin makan lebih banyak dari biasanya atau justru tidak nafsu makan sama sekali. Hal ini disebabkan oleh cacing yang hidup di dalam saluran pencernaan kucing dan menyerap nutrisi yang seharusnya diserap oleh kucing.

2. Diare dan Muntah

Cacingan juga dapat menyebabkan diare dan muntah pada kucing. Hal ini disebabkan oleh iritasi yang ditimbulkan oleh cacing di dalam saluran pencernaan kucing. Diare dan muntah yang dialami kucing biasanya disertai dengan adanya darah atau lendir.

3. Perut Buncit

Kucing yang cacingan sering memiliki perut yang buncit. Hal ini disebabkan oleh adanya cacing yang hidup di dalam perut kucing dan memakan makanan yang seharusnya dimakan oleh kucing. Perut buncit pada kucing juga bisa menjadi tanda adanya penyumbatan usus akibat cacing.

4. Berat Badan Menurun

Kucing yang cacingan biasanya mengalami penurunan berat badan. Hal ini disebabkan oleh cacing yang hidup di dalam saluran pencernaan kucing dan menyerap nutrisi yang seharusnya diserap oleh kucing. Penurunan berat badan pada kucing juga bisa menjadi tanda adanya anemia akibat cacing.

5. Bulu Kucing Kusam dan Rontok

Cacingan dapat menyebabkan bulu kucing menjadi kusam dan rontok. Hal ini disebabkan oleh cacing yang hidup di dalam tubuh kucing dan menyerap nutrisi yang seharusnya digunakan untuk pertumbuhan bulu kucing. Bulu kucing yang kusam dan rontok juga bisa menjadi tanda adanya kekurangan vitamin dan mineral akibat cacing.

6. Kucing Sering Menjilati Anusnya

Kucing yang cacingan sering menjilati anusnya. Hal ini disebabkan oleh rasa gatal dan iritasi yang ditimbulkan oleh cacing di dalam anus kucing. Kucing juga mungkin mengalami kesulitan buang air besar karena adanya cacing yang menyumbat anus.

7. Kotoran Kucing Berwarna Aneh

Kotoran kucing yang cacingan biasanya berwarna aneh, seperti hitam, merah, atau hijau. Hal ini disebabkan oleh adanya darah atau lendir yang keluar bersama dengan kotoran kucing. Kotoran kucing yang berwarna aneh juga bisa menjadi tanda adanya penyakit lain, seperti infeksi saluran pencernaan.

Jika Anda melihat kucing Anda menunjukkan salah satu atau beberapa ciri-ciri di atas, segera bawa kucing Anda ke dokter hewan. Dokter hewan akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes feses untuk memastikan apakah kucing Anda cacingan. Jika kucing Anda memang cacingan, dokter hewan akan memberikan obat cacing untuk mengobati infeksi cacing tersebut.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment