Banyak dari kita sering kali lupa dengan kata sandi WiFi yang pernah kita gunakan. Saat ingin terhubung dengan WiFi tersebut di perangkat lain, terkadang kita memerlukan kata sandi yang tepat.

Beruntungnya, ada beberapa cara untuk melihat kata sandi WiFi di laptop tanpa harus menghubungi penyedia layanan internet. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara melihat password WiFi di laptop dengan mudah.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Command Prompt. Caranya adalah dengan membuka Command Prompt melalui menu Start atau dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard dan mengetikkan “cmd”. Setelah Command Prompt terbuka, ketik perintah “netsh WLAN show profile” dan tekan Enter. Daftar nama WiFi yang pernah terhubung dengan laptop akan muncul. Kemudian, pilih nama WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya dengan menggunakan perintah “netsh WLAN show profile name=NAMA_WIFI key=clear” (ganti NAMA_WIFI dengan nama WiFi yang ingin dilihat passwordnya). Password WiFi akan muncul pada baris “Key Content”.

Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti WiFi Password Recovery. Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, jalankan programnya. Aplikasi ini akan secara otomatis menampilkan daftar semua jaringan WiFi yang pernah terhubung dengan laptop. Cari nama WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya, kemudian klik kanan dan pilih opsi “Show Password” atau “Tampilkan Kata Sandi”. Password WiFi akan ditampilkan di layar.

Anda juga dapat melihat password WiFi di laptop dengan menggunakan perintah PowerShell. Caranya adalah dengan membuka PowerShell melalui menu Start atau dengan menekan tombol Windows + X pada keyboard dan memilih “Windows PowerShell”. Setelah itu, ketikkan perintah “netsh wlan show profile name=NAMA_WIFI key=clear” (ganti NAMA_WIFI dengan nama WiFi yang ingin dilihat passwordnya) dan tekan Enter. Password WiFi akan muncul pada baris “Key Content”.

cara melihat password wifi di laptop

Image Credit : www.caraciri.my.id

Dengan melakukan salah satu metode di atas, Anda dapat dengan mudah melihat password WiFi yang pernah terhubung dengan laptop Anda. Jangan lupa untuk selalu menjaga keamanan dan kerahasiaan password WiFi agar tidak jatuh ke tangan yang salah.

1. Menggunakan Command Prompt

1.1 Memeriksa Profil Jaringan WiFi

Untuk melihat password WiFi di laptop menggunakan Command Prompt, pertama-tama Anda perlu memeriksa profil jaringan WiFi yang terhubung pada perangkat Anda. Anda dapat melakukannya dengan menjalankan perintah berikut di Command Prompt:

netsh wlan show profiles

Perintah ini akan menampilkan daftar semua profil jaringan WiFi yang pernah Anda hubungkan pada laptop Anda. Cari profil jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.

1.2 Melihat Password WiFi

Setelah mengetahui profil jaringan WiFi yang akan diperiksa passwordnya, jalankan perintah berikut di Command Prompt:

netsh wlan show profile name=[nama profil] key=clear

Gantilah “[nama profil]” dengan nama profil jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya. Kemudian, tekan Enter untuk menampilkan informasi tentang profil jaringan tersebut. Cari bagian “Key Content” dan di sana Anda akan menemukan password WiFi yang tersembunyi.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

2.1 Download dan Install Aplikasi

Jika Anda tidak ingin repot menggunakan Command Prompt, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk melihat password WiFi di laptop. Salah satu aplikasi populer adalah “WiFi Password Viewer”. Anda dapat menemukan aplikasi ini di website resmi atau toko aplikasi smartphone Anda. Unduh dan instal aplikasi tersebut pada perangkat Anda.

2.2 Buka Aplikasi dan Lihat Password WiFi

Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi tersebut di laptop Anda. Biasanya, aplikasi ini akan menampilkan daftar semua jaringan WiFi yang pernah terhubung pada perangkat Anda, beserta passwordnya. Cari nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya, dan klik atau tap pada nama tersebut. Kemudian, aplikasi akan menampilkan password WiFi yang tersembunyi.

3. Menggunakan Perangkat Lain yang Terhubung pada Jaringan WiFi

3.1 Minta Password dari Perangkat Lain

Jika Anda memiliki akses ke perangkat lain yang terhubung pada jaringan WiFi yang sama, Anda dapat meminta password WiFi kepada pemilik perangkat tersebut. Misalnya, jika Anda menggunakan laptop teman Anda yang terhubung ke jaringan WiFi yang sama, Anda dapat meminta password tersebut.

3.2 Melihat Password di Perangkat Lain

Jika Anda tidak ingin meminta langsung kepada pemilik perangkat, Anda dapat mencoba melihat password WiFi di perangkat lain yang terhubung pada jaringan yang sama. Misalnya, jika ada perangkat lain seperti smartphone yang telah terhubung pada jaringan WiFi, Anda dapat melihat password WiFi pada pengaturan atau menu WiFi di perangkat tersebut.

4. Menghubungi Provider Jaringan WiFi

4.1 Kontak Provider Jaringan WiFi

Jika Anda tidak memiliki akses ke perangkat lain yang terhubung pada jaringan WiFi dan tidak dapat mengakses password WiFi melalui metode sebelumnya, Anda dapat menghubungi provider jaringan WiFi untuk meminta passwordnya. Biasanya, provider jaringan WiFi memiliki layanan pelanggan yang dapat dihubungi melalui telepon atau email.

4.2 Verifikasi Identitas dengan Provider Jaringan WiFi

Saat menghubungi provider jaringan WiFi, mereka kemungkinan akan meminta Anda untuk melakukan verifikasi identitas sebagai pemilik jaringan atau sebagai pelanggan yang berhak mendapatkan password WiFi. Pastikan Anda siap dengan informasi yang diperlukan untuk melakukan verifikasi identitas.

5. Reset Pengaturan Jaringan WiFi

5.1 Reset Pengaturan Jaringan WiFi pada Router

Jika semua cara sebelumnya tidak berhasil atau terlalu rumit untuk Anda, Anda dapat mencoba me-reset pengaturan jaringan WiFi pada router. Namun, perlu diingat bahwa langkah ini akan menghapus semua konfigurasi dan pengaturan yang Anda buat pada router.

5.2 Mengatur Ulang Konfigurasi Jaringan WiFi

Setelah mereset pengaturan jaringan WiFi pada router, Anda perlu mengatur ulang konfigurasi jaringan WiFi. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan panduan pengaturan atau menu pengaturan pada router. Ikuti langkah-langkah yang diberikan dan atur ulang nama jaringan, kata sandi, dan pengaturan lainnya sesuai kebutuhan Anda.

6. Pertimbangan Keamanan

6.1 Pemakaian yang Bertanggung Jawab

Saat menggunakan metode-metode di atas untuk melihat password WiFi di laptop, penting bagi Anda untuk menggunakan informasi dan akses terhadap jaringan WiFi dengan bertanggung jawab. Pastikan Anda memiliki izin atau hak akses untuk menggunakan jaringan WiFi yang ingin Anda akses.

6.2 Lindungi Password dari Akses yang Tidak Dibutuhkan

Setelah Anda mengetahui password WiFi, pastikan untuk melindungi password tersebut agar tidak jatuh ke tangan yang salah. Hindari untuk berbagi password WiFi dengan orang yang tidak Anda percayai atau tidak memiliki alasan valid untuk mengakses jaringan tersebut.

7. Kesimpulan

Melihat password WiFi di laptop dapat dilakukan dengan beberapa metode seperti menggunakan Command Prompt, aplikasi pihak ketiga, perangkat lain yang terhubung pada jaringan, menghubungi provider jaringan, atau mereset pengaturan jaringan WiFi pada router. Penting untuk menggunakan informasi dan akses terhadap jaringan WiFi dengan bertanggung jawab dan melindungi password dari akses yang tidak dibutuhkan.

FAQ

1. Bagaimana cara melihat password WiFi di laptop?

Untuk melihat password WiFi di laptop, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka pengaturan laptop Anda dan cari menu “Network & Internet” atau “WiFi”

2. Pilih opsi “WiFi” dan pilih jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya

3. Klik kanan pada jaringan WiFi tersebut dan pilih opsi “Properties” atau “Properties of Network”

4. Pada menu yang muncul, pergi ke tab “Security” atau “Security Settings”

5. Di bagian ini, cari opsi “Show Characters” atau “Show Password” dan centang kotaknya

6. Setelah Anda melakukan langkah ini, password WiFi akan terlihat di sebelah kanan opsi tersebut.

2. Apakah saya perlu menginstal program khusus untuk melihat password WiFi di laptop?

Tidak, Anda tidak perlu menginstal program khusus untuk melihat password WiFi di laptop. Anda dapat mengakses password WiFi melalui pengaturan laptop Anda tanpa perlu menggunakan software pihak ketiga. Namun, perhatikan bahwa Anda memerlukan hak admin pada laptop Anda untuk melihat password WiFi.

3. Bagaimana jika saya tidak memiliki hak admin pada laptop?

Jika Anda tidak memiliki hak admin pada laptop, maka Anda tidak akan dapat melihat password WiFi melalui pengaturan laptop. Hal ini karena akses yang diperlukan untuk melihat password WiFi memerlukan izin admin. Anda dapat meminta bantuan dari pemilik laptop atau admin untuk mengakses password WiFi jika Anda membutuhkannya.

4. Apakah cara ini berlaku untuk semua jenis laptop?

Ya, cara ini dapat diterapkan pada berbagai jenis laptop yang menggunakan sistem operasi Windows. Namun, antarmuka dan nama menu pada pengaturan dapat sedikit berbeda tergantung pada versi Windows yang Anda gunakan. Pastikan untuk mencari opsi yang mirip dengan yang dijelaskan di langkah-langkah sebelumnya.

5. Apakah saya dapat melihat password WiFi orang lain menggunakan cara ini?

Tidak, Anda tidak dapat melihat password WiFi orang lain menggunakan cara ini. Anda hanya dapat melihat password WiFi yang sudah dikonfigurasi pada laptop yang sama dengan izin admin. Penting untuk menghormati privasi orang lain dan tidak mencoba untuk mengakses password WiFi mereka tanpa izin.

Cara melihat password wifi di laptop bisa Anda temukan di artikel ini: cara melihat password wifi di laptop.

Kesimpulan

Bagi pengguna laptop yang sering menggunakan Wi-Fi, penting untuk mengetahui cara melihat password Wi-Fi di laptop. Ukuran kenyamanan yang ditawarkan oleh teknologi modern ini membuat kita bergantung padanya, dan memahami cara melihat password Wi-Fi akan memberikan fleksibilitas dan kebebasan dalam terhubung ke jaringan. Meskipun ada beberapa metode yang dapat digunakan, salah satunya adalah menggunakan Command Prompt. Dalam artikel ini, kami telah membahas langkah-langkah yang mudah diikuti yang akan membantu Anda melihat password Wi-Fi di laptop Anda

Penutup

Memiliki akses cepat dan mudah ke informasi yang diperlukan adalah penting dalam kehidupan sehari-hari, termasuk mengakses Wi-Fi di laptop. Dalam artikel ini, kami telah mengulas metode sederhana untuk melihat password Wi-Fi di laptop menggunakan Command Prompt. Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan, Anda dapat mengakses password Wi-Fi yang Anda butuhkan dengan mudah. Jangan lupa untuk selalu menghormati privasi orang lain dan menggunakan informasi ini hanya untuk keperluan yang sah. Teruslah menggali pengetahuan teknologi dan nikmati manfaatnya! Sampai jumpa dan selamat mencoba!

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment