Makan buah-buahan adalah salah satu cara untuk mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan.

Namun, untuk seorang ibu hamil, ada beberapa jenis buah yang perlu dihindari karena dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Dalam tulisan ini, akan dijelaskan beberapa jenis buah apa yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

1. Pepaya Muda

Pepaya muda sangat enak dimakan sebagai rujak atau sebagai jus. Namun, pepaya muda mengandung papain, yaitu enzim yang dapat merangsang kontraksi rahim dan memicu keguguran. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi pepaya muda terutama pada trimester pertama kehamilan.

Sebaliknya, ibu hamil dapat mengonsumsi pepaya matang karena papainnya telah terurai sepenuhnya dan tidak membahayakan kesehatan ibu dan janin.

2. Jambu Biji

Menjaga pola makan sehat berarti memasukkan banyak buah dalam menu harian. Namun, jangan termasuk jambu biji dalam daftar menu Anda dalam masa kehamilan karena mengandung zat astringent yang dapat menyebabkan pendarahan dan kontraksi rahim. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya menghindari jambu biji.

3. Nanas

Nanas mengandung bromelain, enzim yang dapat mempercepat proses pemecahan protein dalam tubuh. Namun, bromelain juga dapat merangsang kontraksi rahim dan memicu keguguran. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi nanas terutama pada trimester pertama kehamilan.

Sebaliknya, bagi ibu hamil yang mengalami mual yang berlebihan, mengonsumsi nanas mentah dapat membantu meredakan mual karena kandungan enzim bromelainnya.

4. Kelapa Muda

Kelapa muda sangat populer terutama di musim panas karena bisa membuat kita segar kembali. Namun, kelapa muda mengandung kalium tinggi yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kejang. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya menghindari mengonsumsi kelapa muda jika terdapat riwayat kejang pada keluarga.

Sebaliknya, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi kelapa parut atau santan yang sudah matang karena mengandung lebih sedikit kalium.

5. Durian

Durian sangat populer di Asia karena rasanya yang manis dan enak. Namun, durian juga mengandung kadar gula sebanyak 20% serta zat saponin yang dapat memperlemah sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, durian sebaiknya dihindari atau dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit oleh ibu hamil.

6. Kedongdong

Buah kedondong dapat mengganggu keseimbangan elektrolit atau kandungan mineral dalam tubuh karena sifat asamnya. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya menghindari mengonsumsi kedondong terutama dalam jumlah yang banyak.

Sebaliknya, ibu hamil dapat mengonsumsi buah yang lebih aman seperti apel, pisang, dan mangga.

7. Salak

Salak terkenal dengan kulitnya yang kasar dan duri-durinya yang tajam. Namun, buah ini juga mengandung asam sitrat yang dapat menyebabkan diare dan sakit perut. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi salak terutama dalam jumlah yang banyak.

Sebaliknya, ibu hamil dapat mengonsumsi jeruk dan stroberi yang lebih aman untuk dikonsumsi.

8. Markisa

Markisa memiliki rasa yang manis dan asam yang khas. Namun, buah ini juga mengandung alkaloid yang dapat menyebabkan kejang otot dan gangguan saraf. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi markisa terutama dalam jumlah yang banyak.

Sebaliknya, ibu hamil dapat mengonsumsi buah delima dan kiwi yang lebih aman untuk dikonsumsi.

9. Delima

Delima memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun, ibu hamil sebaiknya menghindari mengonsumsi buah delima terlalu banyak karena mengandung asam sitrat yang dapat menyebabkan diare dan sakit perut.

Sebaliknya, ibu hamil dapat mengonsumsi buah anggur, alpukat, dan stroberi yang lebih aman untuk dikonsumsi.

Kesimpulan

Dalam memilih jenis buah untuk dikonsumsi selama masa kehamilan, kita perlu memperhatikan kandungan nutrisi serta potensi bahayanya. Tetaplah konsultasikan dengan dokter dan ahli gizi jika masih ragu untuk mengonsumsi suatu jenis buah selama kehamilan.

Dengan menjaga pola makan yang sehat, kita dapat memberikan nutrisi yang baik bagi kesehatan ibu dan bayi.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment