Perkembangan teknologi memudahkan Anda dalam melakukan berbagai hal, termasuk transaksi keuangan. Salah satu platform yang populer digunakan untuk transaksi non tunai adalah DANA. Melalui aplikasi ini, Anda bisa melakukan berbagai pembayaran, seperti transfer uang, pembelian pulsa, pembayaran tagihan, hingga belanja online.

Untuk menggunakan DANA, Anda perlu melakukan top up atau pengisian saldo terlebih dahulu. Saat melakukan top up DANA, Anda akan dikenakan biaya admin yang besarnya bervariasi tergantung pada metode yang digunakan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui biaya admin top up DANA agar bisa menghemat pengeluaran.

Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk melakukan top up DANA. Masing-masing metode memiliki biaya admin yang berbeda-beda. Berikut ini adalah biaya admin top up DANA untuk beberapa metode yang umum digunakan:

Metode Top Up DANA

1. Melalui Bank

Bank yang bekerja sama dengan DANA untuk menyediakan layanan top up adalah BCA, Mandiri, BNI, BRI, CIMB Niaga, dan PermataBank. Biaya admin top up DANA melalui bank sebesar Rp1.000 untuk setiap transaksi.

Bank-bank besar tersebut memungkinkan nasabahnya untuk transfer uang secara online melalui internet banking, mobile banking, dan ATM. Anda tinggal memilih bank yang Anda gunakan dan masukkan nomor telepon yang terdaftar di akun DANA Anda. Kemudian, masukkan jumlah uang yang ingin Anda transfer dan selesaikan transaksi dengan memasukkan kode OTP.

2. Melalui Aplikasi Dana

Anda juga bisa melakukan top up DANA melalui aplikasi DANA itu sendiri. Caranya, masuk ke aplikasi DANA dan pilih menu “Top Up”. Setelah itu, pilih metode pembayaran yang Anda inginkan. Biaya admin top up DANA melalui aplikasi DANA sebesar Rp5.000 untuk setiap transaksi.

Biaya ini memang sama dengan biaya top up melalui ATM. Namun, Anda tidak perlu keluar rumah dan mengantre di ATM. Anda hanya perlu membuka aplikasi DANA dan mengikuti langkah-langkah yang ada.

3. Melalui Alfamart atau Indomaret

Alfamart atau Indomaret merupakan salah satu tempat di mana Anda bisa melakukan top up DANA secara offline. Biaya admin top up DANA melalui Alfamart atau Indomaret sebesar Rp3.500 untuk setiap transaksi.

Di kedua tempat tersebut, Anda bisa mengisi saldo DANA Anda dengan mudah dan cepat. Anda tinggal datang ke minimarket tersebut dan katakan pada kasir bahwa Anda ingin melakukan top up DANA. Kemudian, berikan nomor telepon yang terdaftar di akun DANA Anda dan jumlah uang yang ingin Anda tambahkan. Kasir akan memproses transaksi Anda dan Anda akan langsung mendapatkan saldo DANA yang baru.

4. Melalui Pulsa

Anda juga bisa melakukan top up DANA menggunakan pulsa. Biaya admin top up DANA melalui pulsa sebesar Rp2.000 untuk setiap transaksi.

5. Melalui M-Banking

Jika Anda memiliki rekening bank yang sudah terhubung dengan layanan M-Banking, Anda bisa melakukan top up DANA melalui M-Banking. Biaya admin top up DANA melalui M-Banking sebesar Rp1.000 untuk setiap transaksi.

Keuntungan Top Up DANA

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan DANA, di antaranya:

  • Praktis dan mudah digunakan
  • Aman dan terpercaya
  • Banyak promo dan diskon menarik
  • Bisa digunakan untuk berbagai transaksi keuangan

Tips Hemat Biaya Admin Top Up DANA

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya admin top up DANA:

  • Gunakan metode top up yang memiliki biaya admin terendah.
  • Jika Anda sering melakukan transaksi menggunakan DANA, Anda bisa menggunakan fitur auto top up. Dengan fitur ini, saldo DANA Anda akan terisi secara otomatis ketika saldo Anda hampir habis.
  • Manfaatkan promo dan diskon yang ditawarkan oleh DANA. Anda bisa mendapatkan potongan biaya admin atau cashback saat melakukan top up DANA selama periode promo.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai biaya admin top up DANA beserta metode dan tips untuk menghematnya. Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda bisa menghemat pengeluaran saat melakukan top up DANA.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment