Jika Anda bekerja di bidang pemasaran dan iklan, maka Anda pasti sudah familiar dengan istilah slogan. Slogan merupakan kata-kata pendek yang mudah diingat dan sering digunakan sebagai tagline atau frase promosi pada suatu produk, brand, atau jasa.

Berikut Syarat Slogan Pada Reklame Adalah yang perlu Anda ketahui agar dapat membuat slogan yang efektif dalam iklan atau pemasaran.

Berikut Syarat Slogan Pada Reklame Adalah yang Harus Dipenuhi

1. Singkat dan Mudah Diingat

Slogan harus singkat dan mudah diingat oleh target audience. Hindari menggunakan kata-kata yang terlalu rumit atau sulit diucapkan. Sebaiknya, gunakan kata-kata yang menarik perhatian dan mudah diingat seperti “Just do it” dari Nike atau “Think Different” dari Apple.

2. Menyampaikan Pesan yang Jelas

Slogan harus dapat menyampaikan pesan yang jelas dan mudah dimengerti oleh target audience. Pastikan pesan yang ingin disampaikan terkait dengan produk, brand, atau jasa yang dipromosikan. Contohnya, slogan Coca-Cola “Taste The Feeling” menyampaikan pesan tentang kenikmatan rasa Coca-Cola yang dapat membuat pelanggan merasakan perasaan yang menyenangkan.

3. Memiliki Nilai Unik

Slogan harus memiliki nilai unik yang membedakan produk, brand, atau jasa dari pesaingnya. Nilai tersebut dapat berupa kualitas, manfaat, atau kelebihan yang dimiliki. Sebagai contoh, slogan LG “Life’s Good” menyampaikan pesan bahwa produk LG akan membantu memudahkan hidup serta memberikan kemudahan dan kenyamanan pada penggunanya.

4. Memenuhi Kriteria Komunikasi

Slogan harus memenuhi kriteria komunikasi yang mencakup empat elemen yaitu, emosi, daya tarik, kepercayaan, dan kredibilitas. Slogan yang efektif dapat memicu emosi target audience, menarik perhatian mereka, membangun kepercayaan, dan meningkatkan kredibilitas produk, brand, atau jasa yang dipromosikan.

5. Bersifat Fleksibel

Slogan harus bersifat fleksibel dan dapat dipergunakan dalam berbagai konteks atau situasi iklan. Hindari menggunakan slogan yang terlalu spesifik dan hanya dapat digunakan pada situasi tertentu saja. Sebaiknya, gunakan slogan yang dapat diadaptasi dengan mudah seperti “Because You’re Worth It” dari L’Oréal yang dapat dipergunakan pada berbagai jenis produk.

6. Menghadirkan Humor atau Kecerdasan

Slogan yang menggunakan unsur humor atau kecerdasan dapat membantu meningkatkan daya tarik pada target audience. Contohnya, slogan Snickers “You’re Not You When You’re Hungry” memikat perhatian karena menggunakan unsur humor dan menyampaikan pesan tentang manfaat produk.

7. Menggunakan Bahasa yang Sesuai

Slogan harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan target audience atau segmen pasar yang dituju. Jangan menggunakan bahasa yang terlalu formal atau terlalu kasual, sebaiknya gunakan bahasa yang sesuai dengan karakteristik target audience.

8. Menarik Perhatian

Slogan yang menarik perhatian dapat membantu produk, brand, atau jasa lebih dikenal dan diminati oleh target audience. Hindari menggunakan slogan yang terlalu biasa dan tidak menarik perhatian. Sebaiknya gunakan kata-kata yang unik dan menarik perhatian seperti “The Happiest Place on Earth” dari Walt Disney.

9. Dapat Dikaitkan dengan Alur Cerita

Slogan harus dapat dikaitkan dengan alur cerita pada iklan atau promosi yang dibuat. Pastikan slogan dapat memperkuat alur cerita dan tidak terkesan dipaksakan. Sebagai contoh, slogan Volkswagen “Think Small” telah berhasil memperkuat alur cerita kampanye iklan mobil tersebut.

10. Mampu Meningkatkan Dukungan Pelanggan

Slogan yang efektif dapat membantu meningkatkan dukungan pelanggan serta menghasilkan penjualan dan keuntungan yang lebih besar.

Oleh karena itu, pastikan slogan yang dipilih dapat memenuhi harapan dan kebutuhan target audience sehingga dapat membangun hubungan baik antara produk, brand, atau jasa dengan pelanggan.

Kesimpulan

Dengan memahami Berikut Syarat Slogan Pada Reklame Adalah, Anda akan dapat membuat slogan yang efektif dalam iklan atau pemasaran.

Slogan yang efektif dapat membantu memikat perhatian target audience, meningkatkan daya tarik produk, brand, atau jasa, serta meningkatkan dukungan pelanggan.

Pastikan slogan yang dipilih memenuhi kriteria komunikasi yang mencakup emosi, daya tarik, kepercayaan, dan kredibilitas sehingga dapat memperkuat pesan yang ingin disampaikan pada target audience.

Dengan demikian, pilihlah slogan yang tepat dan sesuai dengan karakteristik target audience atau segmen pasar yang dituju untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam iklan atau promosi.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment