Banyak orang menganggap penulisan surat lamaran pekerjaan hanya sebagai formalitas belaka. Mereka tidak menyadari bahwa surat lamaran pekerjaan adalah bagian yang sangat penting dalam proses perekrutan karyawan.

Kualitas penulisan surat lamaran pekerjaan Anda dapat mempengaruhi apakah Anda akan dipanggil untuk wawancara atau tidak. Oleh karena itu, sangat penting untuk menuliskan surat lamaran yang baik dan menarik hati penerima surat.

Berikut adalah beberapa kaidah penulisan surat lamaran pekerjaan agar dapat menarik hati penerima surat.

Pahami Tujuan Surat Lamaran Pekerjaan Anda

Sebelum mulai menulis surat lamaran pekerjaan Anda, Anda perlu memahami tujuan dari surat lamaran tersebut. Apakah tujuannya untuk melamar pekerjaan tertentu? Atau Anda hanya ingin mengajukan permohonan untuk pekerjaan di perusahaan yang Anda minati? Setelah Anda memahami tujuan dari surat lamaran Anda, Anda dapat menulis surat lamaran dengan lebih mudah dan efektif.

Pahami Perusahaan yang Anda Lamar

Sebelum menulis surat lamaran pekerjaan, penting untuk mempelajari perusahaan yang Anda lamar. Pelajari visi dan misi perusahaan, serta produk dan jasa yang mereka tawarkan. Hal ini akan membantu Anda menulis surat lamaran pekerjaan yang lebih relevan dan menarik hati penerima surat.

Jadilah Spesifik dalam Menjelaskan Pengalaman Kerja Anda

Jangan hanya mengatakan bahwa Anda memiliki pengalaman kerja, tetapi jelaskan apa yang telah Anda lakukan dalam pekerjaan sebelumnya. Jadilah spesifik, jelaskan tugas dan tanggung jawab Anda, dan bagaimana Anda berhasil menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Hal ini akan membantu penerima surat melihat seberapa cocok Anda untuk pekerjaan yang Anda lamar.

Jangan Terlalu Formal atau Informal

Surat lamaran pekerjaan harus ditulis dengan bahasa yang sopan dan teratur. Namun, Anda tidak perlu terlalu formal. Hindari penggunaan kata-kata yang terlalu formal atau kaku. Di sisi lain, Anda juga tidak perlu terlalu informal. Hindari penggunaan kata-kata yang terlalu santai atau slang.

Gunakan Bahasa yang Jelas dan Mudah Dipahami

Pastikan bahasa yang digunakan dalam surat lamaran pekerjaan Anda mudah dipahami. Hindari penggunaan kalimat yang panjang atau rumit. Usahakan kalimat yang digunakan tidak terlalu berbelit-belit. Hal ini akan membantu penerima surat memahami isi dari surat lamaran pekerjaan Anda.

Tampilkan Kemampuan dan Keahlian yang Anda Punya

Surat lamaran pekerjaan adalah kesempatan bagi Anda untuk menampilkan kemampuan dan keahlian yang Anda miliki. Jangan takut untuk menonjolkan diri Anda dan menunjukkan apa yang dapat Anda lakukan untuk perusahaan yang Anda lamar. Hal ini akan membantu penerima surat melihat potensi dan kualitas Anda sebagai kandidat yang potensial.

Perhatikan Tata Letak Surat Lamaran Pekerjaan

Tata letak surat lamaran pekerjaan juga sangat penting. Pastikan surat lamaran Anda terlihat rapi dan profesional. Hindari penggunaan font yang terlalu kecil atau terlalu besar. Pastikan margin pada surat lamaran Anda terlihat simetris. Hal ini akan membuat surat lamaran Anda terlihat lebih menarik.

Usahakan Surat Lamaran Anda Pendek dan Padat

Usahakan agar surat lamaran Anda pendek dan padat. Jangan menulis surat lamaran yang terlalu panjang. Hal ini akan membuat penerima surat kesulitan untuk membaca seluruh surat lamaran Anda. Usahakan untuk menulis surat lamaran dalam satu halaman saja.

Jangan Lupa Untuk Memperbarui Kontak Anda

Pastikan untuk memperbarui kontak Anda seperti nomor telepon dan alamat email. Hal ini akan membuat penerima surat mudah untuk menghubungi Anda jika mereka tertarik untuk mengundang wawancara.

Periksa Kembali Surat Lamaran Anda Sebelum Dikirim

Sebelum mengirimkan surat lamaran pekerjaan Anda, pastikan untuk memeriksa kembali seluruh isi surat lamaran Anda. Cek tata bahasa, ejaan, dan gaya penulisan. Hal ini akan membantu Anda memastikan bahwa surat lamaran pekerjaan Anda terlihat profesional dan menarik hati penerima surat.

Berterima Kasih dan Hormatilah Keputusan Penerima Surat

Terakhir, jangan lupa untuk berterima kasih kepada penerima surat atas waktu dan perhatiannya terhadap surat lamaran pekerjaan Anda. Hormatilah keputusan penerima surat, apakah mereka mengundang Anda untuk wawancara atau tidak. Jangan menulis surat yang tidak sopan atau menuntut apapun dari penerima surat.

Dalam menulis surat lamaran pekerjaan, Anda harus memperhatikan banyak hal. Dari pahami tujuan surat lamaran Anda, memahami perusahaan yang Anda lamar, hingga membuat surat lamaran pendek dan padat.

Dengan memperhatikan kaidah penulisan surat lamaran pekerjaan yang baik, Anda akan meningkatkan peluang untuk dipanggil ke wawancara. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menulis surat lamaran pekerjaan yang menarik hati penerima surat.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment