Osis (Organisasi Siswa Intra Sekolah) merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang menjadi bagian dari kehidupan siswa di sekolah.

Dalam bahasa Inggris, organisasi ini dikenal sebagai Student Council. Apa itu Osis dan bagaimana perannya di dalam kehidupan sekolah? Mari kita bahas lebih dalam dalam artikel ini.

Pengertian Osis

Osis atau Organisasi Siswa Intra Sekolah adalah kegiatan ekstrakurikuler yang menjadi wadah bagi siswa untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan kepemimpinan. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik siswa, serta membangun hubungan yang baik antara siswa, guru, dan pengurus sekolah.

Osis dipimpin oleh seorang Ketua, yang dibantu oleh Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, dan beberapa posisi lainnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. Anggota Osis dipilih melalui pemilihan yang diadakan di sekolah dan harus memenuhi beberapa kriteria seperti memiliki nilai yang baik, memiliki kemampuan kepemimpinan, dan memiliki dedikasi yang tinggi terhadap sekolah.

Fungsi Osis

Osis memiliki beberapa fungsi yang sangat penting dalam kehidupan sekolah, di antaranya:

  • Mewakili suara siswa

Osis menjadi wadah bagi siswa untuk menyampaikan aspirasi dan pendapat kepada pihak sekolah. Dalam banyak hal, Osis dapat menjadi jembatan komunikasi antara siswa dan pengurus sekolah.

  • Mengembangkan potensi siswa

Osis memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan, kreativitas, dan soft skill lainnya seperti kemampuan berkomunikasi, bekerja dalam tim, dan problem solving.

  • Menjadi penghubung antar siswa

Osis dapat membantu membangun hubungan yang baik antara siswa dari berbagai tingkat kelas. Dalam banyak hal, Osis juga dapat memfasilitasi siswa dalam mengikuti kegiatan yang bersifat sosial dan keagamaan.

  • Memfasilitasi kegiatan sekolah

Osis juga berperan dalam memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang diadakan di sekolah seperti pensi, lomba, dan acara akhir tahun.

  • Menjadi wadah untuk bersosialisasi

Osis memberikan kesempatan bagi siswa untuk bertemu dengan teman-teman baru dan memperluas cakupan pergaulan. Selain itu, Osis juga dapat menjadi wadah yang baik untuk membangun jaringan relasi di masa depan.

Tanggung Jawab Osis

Sebagai wadah untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan dan kreativitas siswa, Osis memiliki tanggung jawab yang sangat besar dalam kehidupan sekolah. Beberapa tanggung jawab penting dari Osis antara lain:

  • Mengatur sistem pengambilan keputusan

Osis harus memiliki sistem pengambilan keputusan yang baik dan transparan untuk memastikan bahwa setiap keputusan yang diambil bersifat kepentingan bersama dan tidak merugikan pihak lain.

  • Menetapkan arah dan visi Osis

Osis harus memiliki arah dan visi yang jelas untuk menjamin bahwa setiap kegiatan yang dilakukan memiliki tujuan yang jelas dan sesuai dengan tujuan Osis.

  • Mengatur keuangan

Osis bertanggung jawab atas keuangan dan anggaran yang dihabiskan dalam setiap kegiatan, dan harus menjaga agar keuangan Osis tidak melampaui batas yang telah ditetapkan.

  • Menjalin hubungan yang baik dengan pengurus sekolah

Osis harus menjalin hubungan yang baik dengan pengurus sekolah dan memberikan laporan secara berkala tentang kegiatan yang dilakukan dan arah yang diambil.

  • Menjaga keamanan dan ketertiban di sekolah

Osis juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan ketertiban di sekolah dan mengambil tindakan yang tepat jika terjadi pelanggaran aturan sekolah.

Keuntungan Menjadi Anggota Osis

Menjadi anggota Osis merupakan kesempatan yang sangat baik bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan, kreativitas, dan soft skill lainnya. Beberapa keuntungan menjadi anggota Osis antara lain:

  • Mengasah kemampuan kepemimpinan

Sebagai anggota Osis, siswa memiliki kesempatan untuk memimpin dan mengarahkan kegiatan-kegiatan di sekolah, sehingga dapat memperluas kemampuan kepemimpinan.

  • Meningkatkan kreativitas

Anggota Osis juga memiliki kesempatan untuk mengembangkan kreativitas mereka melalui pengorganisasian kegiatan-kegiatan di sekolah.

  • Membangun networking yang baik

Bergabung dengan Osis dapat membantu siswa untuk membangun jaringan relasi yang baik di masa depan, dan memperluas lingkup pergaulan.

  • Meningkatkan kemampuan komunikasi

Sebagai anggota Osis, siswa juga memiliki kesempatan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mereka melalui interaksi dengan siswa dan pihak lain yang terlibat dalam kegiatan Osis.

  • Memiliki pengalaman berharga di masa depan

Pengalaman menjadi anggota Osis dapat menjadi nilai tambah dalam CV siswa di masa depan, dan membantu siswa dalam meniti karir di masa depan.

Kesimpulan

Osis merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang sangat penting dalam kehidupan siswa di sekolah. Melalui Osis, siswa memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan, kreativitas, dan soft skill lainnya yang sangat berguna di masa depan.

Selain itu, Osis juga membantu meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik siswa, serta membangun hubungan yang baik antara siswa, guru, dan pengurus sekolah.

Oleh karena itu, menjadi anggota Osis merupakan kesempatan yang sangat baik bagi siswa untuk meraih potensi terbaik mereka dan memperluas lingkup pergaulan serta jaringan relasi.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment