apa yang dimaksud dengan biotik dan abiotik Interaksi antar spesies
Apa Yang Dimaksud Dengan Lingkungan Buatan

Biologi merupakan cabang ilmu yang mengkaji seluruh fiksi alam hayati. Lingkungan alam adalah lingkungan yang alami dan buatan adalah lingkungan yang telah dibuat oleh manusia. Lingkungan buatan adalah tempat yang manusia ciptakan dan membiarkan operasi alam tidak hanya di controll oleh benda-benda, tetapi juga oleh prinsip-prinsip alam melalui konsep desain yang diinginkan. Perubahan radikal terjadi dalam lingkungan buatan ketika manusia mengintegrasikan sebuah konsep desain untuk mendorong dan mendukung suatu proses alam dalam lingkungan yang diciptakan oleh manusia.

Apa Itu Lingkungan Buatan?

Ketika berbicara mengenai lingkungan buatan, hal ini mengacu pada suatu lingkungan yang diciptakan secara sengaja dan dimanipulasi oleh manusia untuk tujuan tertentu. Lingkungan buatan umumnya dipahami sebagai tempat yang memudahkan dan mengizinkan manusia untuk menciptakan ekosistem yang teredesain untuk kebutuhan mereka. Misalnya pasar, manufaktur, fasilitas transportasi dan lainnya.

Proses Lingkungan Buatan

Proses pembuatan lingkungan buatan merupakan salah satu yang paling kompleks dalam dunia alam, dan telah membutuhkan banyak waktu dan usaha untuk mencapainya. Sebuah lingkungan buatan terbentuk ketika manusia membuat suatu konsep desain tertentu untuk dapat memenuhi kebutuhan mereka. Dalam proses ini, manusia harus memasukkan faktor-faktor lain seperti teknologi, arsitektur, desain, dan biologi untuk memaksimalkan fungsi dari suatu lingkungan. Dan diperlukan banyak alat untuk mencapai tujuan yang tepat.

Manfaat Lingkungan Buatan

Lingkungan buatan sangat penting bagi banyak hal. Ini memungkinkan manusia untuk mencapai sebuah efisiensi yang lebih besar, menghasilkan suatu lingkungan yang lebih aman, lebih hemat, dan memberi bekal kepada masyarakat. Manusia dapat menggunakan teknologi modern untuk mengurangi bahaya lingkungan, menyediakan manfaat ekonomi yang berkelanjutan, mengurangi polusi, membuat ilmu pengetahuan dan penelitian yang lebih baik, dan membantu manusia untuk hidup dengan jauh lebih mudah.

Contoh Lingkungan Buatan

Contoh lingkungan buatan adalah fasilitas manufaktur, pusat perbelanjaan, taman, dan sebagainya. Contoh lainnya adalah jekardah, gerbang, jalan. Ini juga termasuk bangunan, ruang publik, pasar, museum, taman, dan tempat kegiatan lainnya. Hal lain yang termasuk dalam kategori lingkungan buatan adalah proyek-proyek pertanian, pembuatan jalan raya, dan juga pengembangan infrastruktur lainnya.

Efek Lingkungan Buatan

Secara keseluruhan, lingkungan buatan telah memaksimumkan manfaat manusia secara ekonomi. Manusia dapat mengambil keuntungan dari perkembangan ini dalam jangka panjang karena lingkungan buatan pasti memiliki efek positif di semua aspek. Lingkungan alami telah turut memengaruhi proses alam, serta efek alam yang berpotensi positif atau buruk akibat lingkungan buatan. Jalur air dihalangi, polusi meningkat, dan sistem alam peliharaan telah terganggu.

Kesimpulan

Jadi, apa yang dimaksud dengan lingkungan buatan adalah suatu area yang secara proposional dipengaruhi oleh desain manusia. Hal ini telah menjadi pemandu utama dari praktik manusia selama bertahun-tahun. Lingkungan buatan telah menyediakan manusia dengan berbagai layanan dan jasa yang dibutuhkan hari ini, tetapi juga telah memiliki manfaat di masa depan. Hal ini telah menjadi faktor yang paling penting dalam transformasi peradaban manusia dan terus menerus berkembang sesuai dengan kebutuhan manusia.

Artikel Terkait

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment